Senin, 20 Desember 2010

Manajemen Pemasaran

MANAJEMEN PEMASARAN


Manajemen pemasaran dapat diartikan sebagai kegiatan pengaturan secara optimal dari fungsi pemasaran agar kegiatan pertukaran dapat berjalan dengan lancar, dan memuaskan melalui riset pasar, promosi, pengaturan organisasi pemasaran, system distribusi dan bagaimana memuaskan pelanggan.
Manajemen pemasaran merupakan salah satu bidang operasional dalam perusahaan yang harus ditangani dengan sungguh-sungguh.Tidak selamanya bahwa setiap barang yang diproduksi akan laku dijual atau pasti ada yang memebeli. Bahkan sering terjadi bahwa sebuah produk tidak laku dipasaran akibat tidak sesuai dengan selera pasar atau konsumen. Karena itulah perusahaan perlu melakukan riset pasar sebelum membuat produk baru.
Riset pasar = jika salah dalam menafsirkan keadaan pasar bisa berakibat fatal dalam penentuan kenijakan perusahaan. Dalam riset pasar harus benar-benar mengadakan penelitian dan jangan sampai terjadi pengambilan kesimpulan yang salah.
Segmentasi , targeting, dan positioning = proses pemilihan pasar oleh manajemen pemasaran diawali dengan proses segmentasi. Segmentasi adalah proses identifikasi sekelompok konsumen homogen yang akan dilayani perusahaan. Misalnya Astra International , produsen mobil, membuat mobil yang ditujukan sebagai kendaraan rumah tangga dan kendaraan niaga.
Bauran pemasaran = ada 4 unsur yang penting yang perlu di perhatikan perusahaan dalam memasarkan produknya kepada konsumen. Yaitu 4P (product, price, promotion, dan place)
Kepuasan pelanggan, = pelanggan merupakan raja yang harus dipenuhi kemauannya. Mmeberi kepuasan jangka panjang pada konsumen bukan hal yang mudah, kepuasan jangka panjang dapat terpenuhi dengan memperhatikan hal-hal berikut :
1. mutu barang
2. mudah mendapatkan produk tersebut
3. layanan purnajual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar