Senin, 06 Desember 2010

MANAJEMEN INFORMASI

MANAJEMEN INFORMASI


Informasi adalah : data yang telah diproses atau data yang telah memilki arti.

Informasi salah satu bentuk sumber daya utama dalam suatu organisasi yang digunakan oleh manajer untuk mengendalikan organisasi tersebut dalam mencapai suatu tujuan.

Kebutuhan informasi didasarkan pada :
a. Kegiatan bisnis yang semakin kompleks.
b. Kemampuan computer yang semakin meningkat.

Manajemen informasi sebagai sumber mempunyai pola yang sama, dimana tugas manager pada manajemen informasi adalah sebagai berikut :
a. Bertanggung jawab untuk mengumpulkan data mentah dan memproses menjadi
Informasi yang dapat digunakan.
b. Menentukan orang-orang dalam perusahaan supaya dapat menerima informasi
Dengan bentuk yang tepat,pada saat yang tepat pula sehingga informasi dapat
Digunakan untuk mendukung proses manajemen.
c. Membuang informasi yang kuno, tidak lengkap dan salah serta mengganti dengan
Informasi yang dapat digunakan.

Kepentingan manajemen informasi :
Kebutuhan akan manajemen informasi disebabkan oleh :
1. Meningkatnya kompleksitas tugas manajemen
Hal ini disebabkan oleh karena :
a. Pengaruh ekonomi internasional
Semua perusahaan tidak dapat kepas dari system perekonomian dunia saat ini. Misalnya fluktuasi nilai tukar mata uang yang berubah dengan cepat .
b. Perkembangan teknologi dunia yang semakin pesat
c. Semakin sempitnya kerangka waktu bagi para manager untuk mengambil
Keputusan.
2. Keinginan untuk menggunakan peralatan pemecahan masalah yang lebih baik.

Lima bentuk sumber yang dikelola oleh seorang manajer adalah :
a. Manusia, Material, Mesin dan keuangan : sumber daya fisik.
b. Informasi (termasuk data) : sumber daya konseptual .

Peranan manajerial menurut Mintzberg adalah :
1. Peran antar pribadi (interpersonal roles)
a. Pemimpin (leader) yang memelihara unit dengan mempekerjakan dan melatih staf serta mampu menyediakan motivasi dan dorongan
b. Berpenampilan tinggi (figure head) melaksanakan tugas seremonial
Mendampingi pejabat yang berkunjung meninjau fasilitas.
c. Mampu berhubungan dengan orang lain (liaison), menjalin hubungan
Dengan orang yang berada di luar unit manajer menyelesaikan masalah
Bisnis.
2. Peran Informasional (informational roles)
a. Pemonitor (monitor), mencari informasi dan mengamati aktifitas yang ada
Mengenai kinerja unit
b. Menyampaikan informasi (disseminator)
c. Juru bicara (spokesperson) : manajer meneruskan informasi yang berharga kepada orang lain di dalam unitnya .
3. Peran mengambil keputusan (decision maker roles)
a. Wiraswasta membuat perbaikan yang cukup permanent pada unit seperti
Mengubah struktur organisasi.
b. Menangani gangguan (disturbance handler) dengan bereaksi terhadap
Kejadian yang tidak diduga.
c. Pembagi sumber (resource allocates) : manajer mengendalikan
Pengeluaran unitnya, menentukan unit bawahan mana yang mendapatkan
Sumber daya.
d. Tawar menawar (negotiator) : menengahi perselisihan baik di dalam
Unitnya maupun antar unit dan lingkungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar