Senin, 20 Desember 2010

APA YANG DI MAKSUD DENGAN MANAJEMEN OPERASI ??

APA YANG DI MAKSUD DENGAN
MANAJEMEN OPERASI ??



Produksi adalah penciptaan barang dan jasa . Manajemen operasi (MO) adalah serangkaian kegiatan yang membuat barang dan jasa melalui perubahan dari masukan menjadi keluaran.Kegiatan membuat barang dan jasa terjadi di semua sector organisasi. Kegiatan produksi membuat barang sangat jelas terlihat di perusahaan manufaktur, dimana kita dapat melihat pembuatan barang-barang nyata seperti TV sony.
Sedangkan pada organisasi – organisasi lain yang tidak memproduksi barang nyata, fungsi produksi mungkin tidak terlalu terlihat. Bahkan seringkali disembunyikan dari masyarakat. Sebagai contoh transaksi yang terjadi di bank-bank , kantor dll.
Seringkali pada waktu terjadinya jasa, tidak ada barng nyata yang diproduksi. Sebaliknya produk yang dihasilkan bisa saja berbentuk pemindahan dana antar-rekening,pengisian tempat duduk kosong pada penerbangan pesawat, atau dalam bentuk pendidikan pada para mahasiswa. Tanpa memperhatikan hasil akhirnya, barang atau jasa, aktivitas yang terjadi pada suatu perusahaan disebut operasi atau manajemen operasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar