Sabtu, 23 Oktober 2010

Pengorganisasian (Organizing)

Pengorganisasian (Organizing)


            Organisasi sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari.Sehingga organisasi merupakan hal yang penting yang harus di pelajari dengan baik Contohnya jika kita bekerja pada suatu perusahaan,kita akan melakukan suatu organisasi.Oleh sebab itu kita harus mengetahui apa yang di maksud dari organisasi,fungsinya dan apa manfaatnya.
Organisasi yang baik sangat bermanfaat dalam mencapai tujuan yang maximum.
Pengorganisasian di artikan sebagai keseluruhan proses pengelompokkan orang – orang, alat – alat, tugas,tanggung jawab, dan wewenang sedemikian rupa sehingga tercipta suatu kesatuan yang dapat di gerakkan dalam rangka mencapai tujuan .
Hasil pengorganisasian adalah suatu situasi di mana organisasi dapat digerakkan menjadi satu kesatuan untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan.

      Setiap organisasi memiliki empat hal yang perlu di perhatikan,yaitu unsure organisasi , manfaat pengorganisasian , fungsi pengorganisasian , dan bentuk organisasi.

  • Unsur Organisasi
            Dalam organisasi terdapat unsur-unsur sebagai berikut:
1)      Sekelompok manusia yang diarahkan untuk bekerja sama.
2)      Melakukan kegiatan yang telah ditetapkan.
3)      Kegiatan yang diarahkan untuk mencapai tujuan

  • Manfaat pengorganisasian
Pengorganisasian  bermanfaat untuk hal-hal berikut :
1)      Memungkinkan pembagian tugas sesuai dengan keadaan perusahaan.
2)      Mengakibatkan adanya spesialisasi dalam melaksanakan tugas.
3)      Anggota organisasi mengetahui tugas-tugas yang akan dikerjakan dalam rangka mencapai tujuan

  • Fungsi Pengorganisasian
Hal-hal yang perlu diingat untuk fungsi pengorganisasian adalah sebagai berikut :
1)      Adanya pendelegasian wewenang dari manajemen tingkat atas kepada
Manajemen tingkat bawah.
2)      Adanya pembagian tugas secara jelas
3)      Mmemiliki manajer tingkat atas yang professional untuk mengkoordinasikan seluruh kegiatan.

  • Bentuk Organisasi
Ada beberapa bentuk organisasi yang lazim digunakan oleh perusahaan-perusahaan dari perusahaan kecil sampai konglomerat.



  • Organisasi Garis
Organisasi garis ialah bentuk organisasi di mana wewenang pimpinan langsung ditujukan kepada bawahan.Bawahan bertanggung jawab langsung pada atasan.
Bentuk organisasi garis sering disebut organisasi militer.Organisasi garis cocok diterapkan pada organisasi yang sederhana dan memilki cirri antara lain jumlahkartawan sedikit dan belum ada specialisasi.

Dengan ciri seperti itu, organisasi garis memilki kebaikan sebagai
      berikut:

  • Kesatuan komando terjamin,karena pimpinan berada ditangan satu orang.
  • Pengambilan keputusan cepat,karena pimpinan berada di tangan satu orang.
  • Penerapan “the right man on the right place” mudah dilaksanakan.
  • Dapat diketahui kemampuan dan sifat-sifat dari setiap karyawan.
  • Terdapat rasa kekeluargaan sesame karyawan dan pimpinan karena jumlah anggota organisasi masih terbatas.
Di samping kebaikannya,organisasi garis memilki kelemahan sebagai berikut :

  • Maju mundurnya organisasi berada ditangan satu orang.
  • Kecenderungan pimpinan bertindak otoriter cukup besar,karena ia sendiri yang merencanakan,memberi komando, dan mengawasi.
  • Kesempatan karyawan berkarir terbatas karena organisasi masih kecil.


Struktur organisasi garis dapat di gambarkan seperti pada gambar di bawah ini :



Struktur organisasi garis di atas menggambarkan struktur organisasi garis , di mana pimpinan langsung membawahi mandor-mandor,dan mandor-mandor langsung membawahi para buruh. Para buruh (bawahan) bertanggung jawab langsung pada atasan (pimpinan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar