Minggu, 21 November 2010

Tugas Teori Organisasi Umum. Tugas ke-3


TUGAS 3.


1.    Sebutkan gaya kepemimpinan yang saudara ketahui
2.   Sebutkan manfaat dari organisasi informal
3.   Sebutkan beberapa jenis bagan struktur organisasi
4.   Jelaskan perbedaan dari Tata Kerja, Sistem Kerja dan Prosedur Kerja

Jawaban :

1.         Gaya kepemimpinan adalah suatu cara pemimpin untuk      mempengaruhi bawahannya. Ada 3 macam gaya kepemimpinan yang berbeda:

a.       Otokrasi,mempunyai ciri-ciri:
·         Kebijjaksanaan dilakukan oleh pemimpin
·         Teknik dan langkah di dikte oleh atasan
·         Pemimpin biasanya mendikte tugas setiap anggotanya.
·         Pemimpin cenderung menjadi pribaddi dalam pujian dan kecamannya terhadap setiap anggota

b.      Demokratis, mempunyai ciri-ciri:
·         Semua kebijaksanaan terjadi pada kelompok diskusi dan keputusan diambil dengan dorongan dan bantuan dari pimpinan.
·         Kegiatan-kegiatan didiskusikan langkah-langkah umum untuk tujuan kelompok dibuat, dan bila dibutuhkan untuk petunjuk-petunjuk teknis pemimpin mengarahkan dua atau alternative prosedur yang dapat dipilih.
·         Para anggota bebas bekerja dengan siapa saja yang mereka pilih dan pembagian tugas ditentukan oleh kelompok
·         Pemimpin adalah obyektif atau “fact minded”.

c.       Laissez Faire, mempunyai cirri-ciri:
·         Kebebasan penuh bagi keputusan kelompok atau individu dengan partisipasi minimal dari pimpinan.
·         Bahan-bahan yang bermacam-macam disediakan oleh pimpinan yang membuat orang selalu siap bila dia akan memberikan informasi pada saat ditanya.
·         Sama sekali tidak ada partisipasi dari pimpinan dalam penentuan tugas
·         Kadang-kadang memberi komentar spontan terhadap kegiatan anggota.


William J. Redden adalah seorang professor dan konsultan Canada membagi dua gaya kepemimpinan. Masing-masing adalah:

a.       Gaya-gaya Efektif:
·         Eksekutif
·         Pembangun
·         Otokrat penuh kebajikan
·         Birokrat

b.      Gaya-gaya tidak efektif
·         Kompromis
·         Misioner
·         Otokrat
·         Pelarian

Rensis Likert dengan melibatkan kaum Michigan  membagi empat system atau gaya dasar kepemimpinan organisasional:
a.      Otokrat Eksploratif
Manajer mengambil semua keputusan yang berkaitan dengan pekerjaan dan memerintahkan serta mengekplorasi bawahan dalam pelaksanaan
b.      Otokrat penuh kebajikan
Manajer tetap menentukan perintah-perintah kerja tapi bawahan diberi keleluasaan dalam pelaksanaan
c.       Partisipatif
Manajer menggunakan gaya konsultatif yaitu meminta masukan dari bawahan tapi tetap menahan hak untuk membuat keputusan.
d.      Demokratik
Manajer memberikan berbagi pengarahan  pada bawahan tapi juga memberikan partisipasi total  dan keputusan dibuat bersama-sama dengan keputusan suara mayoritas.



2.     Organisasi Informal
Terbentuk tanpa disadari sepenuhnya, tujuan tidak jelas, anggaran dasar serta anggaran rumah tangga tidak ada, hubungan terjalin secara pribadi
Sebagai pendukung tujuan organisasi. – Sebagai alat komunikasi tambahan.- Sebagai alat pemuas kebutuhan social.- Dapat membantu manajer yang kurang mampu.




3.      Macam-macam Skema Organisasi:
ö    Berdasarkan teknik atau cara membuatnya:
Ž    Skema organisasi Tegak Lurus dari atas kebawah
Ž    Skema organisasi Mendatar dari kiri kekanan
Ž    Skema organisasi gabungan Tegak Lurus dan Mendatar
Ž    Skema Organisasi Lingkaran
Ž    Skema Organisasi Gambar

ö    Berdasarkan isi atau fungsi didalamnya:
Ž    Skema Organisasi Fungsional:
Menjelaskan tentang letak dari fungsi-fungsi tugas  dalam hubungannya dengan fungsi-funsi yang lain.
Ž    Skema Organisasi Jabatan
Menjelaskan tentang garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan jabatan masing-masing.
Ž    Skema Organisasi Nama
Menjelaskan tentang garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan nama-nama para pejabat yang bersangkutan.
Ž    Skema Organisasi Nama dan Jabatan
Menggabungkan antara masing-masing jabatan dengan masing-masing nama para pejabat dalam suatu organisasi.
Ž    Skema Organisasi Struktur
Menjelaskan tingkatan jenjang antara unit-unit dalam organisasi tersebut.

4.        Perbedaan dari tata kerja, sistem kerja, dan prosedur kerja dapat dilihat pada tabel dibawah ini.
Tata Kerja
Sistem Kerja
Prosedure Kerja
Merupakan Cara melaksanakan suatu pekerjaan dengan benar dan berhasil
Merupakan susunan antara tata kerja dengan prosedure yang menjadi satu
Merupakan tahapan dalam tata kerja yang harus dilalui suatu pekerjaan baik mengenai darimana asalnya dan mau menuju kemana, serta kapan pekerjaan tersebut akan selesai, maupun alat apa yang digunakan untuk meyelesaikan pekerjaan tersebut.
Tujuan dari tata kerja adalah agar bisa tercapai tingkat efisien yang maksimal
Tujuan dari Sistem Kerja adalah agar terbentuk suatu pola tertentu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.
Tujuan dari prosedure Kerja adalah agar semua prosdure yang ada dapat terdefinisi dengan baik, sehingga meningkatkan fungsi efektif dengan maksimal.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar